14 Julukan Indonesia Di Mata Dunia! Kita Patut Besar Hati!


Indonesia diketahui sebagai salah satu negara kepulauan yang diapit oleh dua samudera, yakni Samudera Hindia dan Pasifik. Setidaknya ada sekitar 17 ribu pulau di Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote.





Selain daratan, Indonesia juga mempunyai kawasan perairan yang sangat luas meraih, yakni sekitar tiga juta kilometer persegi. Makara tak heran jika mayoritas penduduk nusantara mengandalkan sektor agraris dan maritim.






Berbagai Julukan Bagi Indonesia





Indonesia dikenal dunia dengan sebutan-sebutan yang berkaitan dengan kekayaan alam dan keunikan budaya yang dimilikinya. Tentunya julukan bagi ini menjadi kebanggaan kepada gambaran Indonesia di mata dunia, antara lain:





julukan indonesia




1. Balinesia





Tak bisa dibantah, Pulau Bali ialah ikon Indonesia yang sangat diketahui oleh masyarakat mancanegara. Alasannya ialah alasannya adalah Bali ialah destinasi rekreasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan luar negeri.





Hal semacam ini bukan hal yang mencengangkan, alasannya Bali memang memiliki bentang alam indah serta tradisi menarik yang mampu membuat semua orang mengaguminya. Sehingga sungguh patut jika Indonesia dijuluku sebagai Balinesia.





2. Heaven of Earth





Indonesia yaitu negara yang wilayahnya dilalui oleh jalur pegunungan dan hamparan dataran tinggi. Kondisi alam seperti ini membuatnya mendapat predikat Heaven of Earth atau surga bumi. Berkat panorama fantastis berupa pantai, hutan, pegunungan, sungan dan yang lain, Indonesia pun mampu mempesona dunia.





3. Macan Asia Tertidur





Pada era pemerintahan Mantan Presiden Soeharto, Indonesia sempat mendapat dijulukui selaku Macan Asia. Saat itu, Indonesia menjadi salah satu negara yang sungguh disegani oleh negara lain, khususnya di daerah Asia Tenggara mencakup sektor pembangunan, ekonomi, olahraga dan sebagainya.





Namun sayangnya, prestasi Indonesia makin meredup sampai karenanya julukan Macan Asia berganti menjad Macan Asia yang Sedang Tidur. Akan namun, diperlukan dikemudian hari Indonesia mampu berdiri dengan kesempatanyang dimilikinya untuk semakin bermetamorfosis negara besar.





4. Nusantara





Julukan Indonesia selanjutnya yakni nusantara. Sebutan ini diberikan untuk seluruh wilayah Indonesia dari ujung Sumatera sampai Papua. Nusantara yakni julukan yang sudah diketahui oleh penduduk dunia semenjak zaman Kerajaan Majapahit.





5. Negara Maritim





Indonesia memilili luas kawasan perairan sekitar 3.257.483 kilometer persegi. Luasan ini lebih luas dari total daratan Indonesia. Sehingga tak heran jikalau Indonesia dikenal sebagai negara laut alasannya wilayah lautnya yang begitu berpeluang dalam mengembangkan kemakmuran rakyatnya.





6. Negara Agraris





Tidak hanya laut yang luas, Indonesia juga mempunyai tanah subur untuk lahan pertanian. Inilah salah satu argumentasi mengapa dominan penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani sehingga dijuluki Negara Agraris.





7. Negara Seribu Pulau





Melansir dari Wikipedia, ketika ini wilayah kedaulatan Indonesia berisikan 17.508 pulau dengan lima pulau besar utama, yaitu Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Dengan jumlah pulau sebanyak ini, maka tak aneh kalau Indonesia menerima julukan selaku Negara Seribu Pulau.





8. Negara Seribu Candi





Indonesia menemukan julukan sebagai Negara Seribu Candi lantaran sempat terpilihnya Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah selaku satu diantara tujuh keajaiban dunia. Candi yang dibangun oleh Raja Samaratungga, keturunan Wangsa Syailendra ini memiliki 72 stupa, 504 arca Buddha, dan 2.672 relief yang menawan .





9. Negara Nyiur





Mengingat Indonesia berisikan ribuan pulau, negara ini pun mempunyai ribuan pantai dengan pemandangan indah dan memesona. Nah, dari sekian banyak pantai tersebut, sebagian besar yaitu habitat bagi perkembangan pohon kelapa atau pohon nyiur, sehingga menjadikan Indonesia dijuluki sebagai Negara Nyiur.





10. Negara Megabiodiversitas





Dengan kawasan yang berada di iklim tropis menciptakan Indonesia menjadi habitat aneka jenis tumbuhan dan fauna, tergolong spesies langka yang cuma mampu ditemukan disini atau endemik. Keanekaragaman tersebut lalu mengakibatkan Indonesia dijuluki selaku Negara Megabiodiversitas dengan kekayaan alam berlimpah.





11. Negara Garuda





Indonesia menerima julukan Negara Garuda terkait dengan lambang negara yang berupa burung garuda. Lambang negara ini berasal dari mitologi kuno yang kemudian digunakan selaku lambang negara Indonesia. Burung garuda ialah simbol bahwa Indonesia yaitu bangsa yang besar dan negara yang besar lengan berkuasa.





Warna keemasan pada burung garuda yaitu gambaran dari keagungan dan kejayaan Indonesia. Sementara pada paruh, cakar, sayap, dan ekornya menggambarkan kekuatan pembangunan dibarengi tenaga yang sungguh besar.





12. Paru-paru Dunia





Salah satu pulai di Indonesia, mirip Kalimantan ialah satu dari sekian banyak kawasan yang disebut sebagai paru-paru dunia. Pulau ini terdiri dari hutan hujan tropis dengan total luas area lebih dari 40 juta hektar. Hutan-hutan di Indonesia merupakan habitat bagi banyak jenis satwa langka yang tidak mampu ditemukan di tempat lain.





13. The Biggest Moslem Population





Dengan jumlah masyarakatmeraih 267 juta jiwa, penduduk Indonesia terdiri dari bervariasi suku bangsa dan budaya. Selain itu, juga terdapat keragaman dalam agama dan keyakinan yang dianut dan diakui secara resmi oleh Pemerintah Indonesia, adalah Islam, Katolik, Katolik Protestan, Hindu, Buddha, serta Khonghucu. 





Indonesia yakni salah satu negara di dunia dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia. Persentasenya bahkan menyentuh angka 85 persen dari total jumlah keseluruhan penduduknya. Inilah yang menyebabkan Indonesia dijuluki The Biggest Moslem population.





14. Zamrud Khatulistiwa





Wilayah Indonesia yang berada sempurna di garis khatulistiwa dengan tingkat curah hujan cukup tinggi menyebabkan tanahnya subur. Bahkan kesuburannya digambarkan dalam sepenggal lirik “tongkat kayu dan watu jadi tanaman”.





Inilah salah satu argumentasi mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati tinggi dengan panorama hijau nan asri. Oleh alasannya hijaunya bumi Indonesia, maka negara kita mendapat julukan sebagai Zamrud Khatulistiwa, adalah permata berwarna kehijauan.


Comments